Selamat Datang di blog komunitas mahasiswa dan alumni Teknik Informatika angkatan 2004 Universitas Teknologi Yogyakarta

Sebelumnya saya meminta maaf jika ada kata2 yang ada dalam artikel ini yang kurang berkenan dihati Anda!. Artikel ini ditujukan (memang untuk menyinggung) hanya untuk kepentigan pendidikan semata.

Buat kawan2ku yang udah mau skripsi maupun yang mau kerja praktek!.

Aku berpesan buatlah karya ilmiahmu (skripsi dan laporan KP) sendiri, jangan minta orang lain untuk membuatkannya. Tetaplah semangat sebelum kalian menyesal diakhir nanti. Tidak ada yang bisa dibanggakan atas skripsi yang dibuatkan oleh orang lain.

Komentarmu : Mau gimana lagi, aku nggak bisa buat sendiri, kemampuan programmingku nihil, aku bingung tentang sistem yang harus dibuat!

Komentarku : Makanya kamu harus belajar rajin mulai sekarang, pilihlah judul yang sesuai dengan kemampuanmu atau minimal bisa kamu pelajari dalam waktu beberapa bulan, manfaatkan dosen pembimbingmu secara maksimal karena kamu membayar biaya bimbingan, tanya pada temen yang menguasainya dengan tidak memintanya membuatkan skripsi. Kebanyakan mahasiswa meminta dibuatkan skripsi (baik dengan membayar maupun tidak) baru kemudian meminta ajari pada sipembuatnya ya okelah hal ini kamu lakukan aku udah malas mau komentar lagi, namun sayangnya kebanyakan mahasiswa minta ajari bukan untuk BISA namun hanya sekedar untuk lolos (bukan lulus) dari ujian pendadaran atau hanya sekedar untuk bisa "mengelabuhi" dosen penguji.

Buat kawan2ku yang punya kemampuan lebih dalam hal skripsi ataupun kerja praktek!

Aku berpesan STOP membuatkan skripsi orang lain, STOP membodohi kawan Anda sendiri demi uang yang tidak jelas halal atau haram. Gunakan kemampuanmu untuk mengangkat dan bukan menjerumuskan.

Komentarmu : ya jangan salahkan aku lha wong mereka sendiri yang minta dibuatkan!, aku sih maunya ngajari tapi mereka susah mengerti!, aku lagi butuh uang kan lumayan kalo dapet uang dari sini, ya aku anggap aja ini rezeqi!

Komentarku : Aku tidak menyalahkanmu tapi hendaknya kamu tahu akan batas2nya, kamu harus mau bertanggung jawab atas dampaknya bagi mereka, kamu harus sadar bahwa uang yang kamu peroleh tidak benar2 halal meskipun kamu membela diri dengan mengatakan bahwa aku telah habiskan banyak waktuku, tenaga dan pikiran untuk skripsi si A, jadi wajar kalo aku dapet itu, lagi2 aku sudah males komentar tentang ini tapi yang jelas jangan engkau tega menjerumuskan atau "membunuh" teman kamu sendiri. Dimana pada kondisi tertentu tindakan tersebut adalah sama halnya dengan melakukan pelecehan terhadap IPTEK. Jadikan kemampuan kamu sebagai umpan yang mejadikan mereka bangkit dan bukan jebakan yang menjadikan mereka hancur dikemudian hari.

Buat kampus!

Aku berpesan jika tidak setuju dengan praktik2 jual beli skripsi, silahkan lakukan upaya untuk memberantasnya.

Komentar pihak kampus : Gimana caranya?

Komentarku : Saya sebenarnya yakin bahwa kampus bisa melakukannya dengan cara kampus sendiri jika mau tapi sayang aku tidak melihat upaya kearah itu, praktik jual beli skripsi adalah rahasia umum yang sebenarnya sangat mudah ditelusuri, karena banyak saksi dan bukti.

Segala macam kritik, saran dan dukungan bisa Anda tuliskan pada form komentar dibawah ini.