Selamat Datang di blog komunitas mahasiswa dan alumni Teknik Informatika angkatan 2004 Universitas Teknologi Yogyakarta

Perlukah matakuliah yang fresh pada jurusan Teknik Informatika? Pertanyaan ini sengaja saya angkat untuk dapat ditanggapi pihak kampus agar dijadikan pertimbangan.

Mudah2an kampus menanggapi usul ini. Betapa saya pribadi atau mungkin kita semua mendambakan sebuah inovasi di era teknologi informasi yang perkembangannya serba cepat ini. Sungguh ironis menurut saya jika perkembangan yang begitu cepat ini dipandang dengan sebelah mata. Sama sekali saya tidak merendahkan matakuliah yang ada saat ini. Namun saya bermaksud agar pihak kampus mau meninjau kembali akan materi yang ada dalam matakuliah tersebut, apakah masih layak ataukah perlu direvisi lagi sehingga bisa beradaptasi dengan cepatnya perkembangan TI.

Saya rasa perlu adanya suplemen baru bagi materi2 kuliah yang ada dikampus dengan mengadopsi teknologi baru sehingga sebuah teori atau matakuliah lama menjadi lebih fresh dan menarik bagi mahasiswa karena sesuai dengan perkembangan teknologi.

Tidak perlu menunggu DIKTI misalnya untuk melakukan perombakan materi, karena perombakan yang saya maksud bukan merupakan perubahan terhadap apa yang digariskan namun menyesuaikan dengan teknologi baru dengan tetap memperhatikan apa yang telah digariskan.

Menurut saya ini bukan masalah kualitas dosen. Tapi komitmen dari semua dosen untuk mereconstruksi apa yang akan diajarkan, bahkan kalo perlu dibuat semacam team riset yang berfungsi membuat modul2 kuliah yang UPTODATE dimana kalo perlu juga bisa melibatkan para praktisi yang bener2 bergelut dibidangnya. Jika ada dosen yang mungkin kurang faham nantinya bisa diadakan training dulu yang akan dilakukan oleh team tersebut. Kalo perlu juga melibatkan mahasiswa.

Jika itu dilakukan wah kayaknya kampus kita bener2 akan menjadi No 1 yang berani melakukan perubahan signifikan, Tidak melulu materi menjadi hak prerogatif dosen sehingga apa yang disampaikan seringkali adalah sesuai dengan kemampuan dosen.

Itu usul pertama, kalo mungkin itu terlalu sulit untuk dilakukan, ada satu lagi usul bagaimana jika ada mata kuliah tambahan yang materinya bener2 fresh dan langsung diajar oleh praktisi yang berkompeten. Misalnya materinya tentang :

- Internet Marketing
- Search Engines Optimization
- Online Earning
- Blogging
- Modern Hacking
dst.

Mohon tanggapannya.